Arsip Berita -> Berita

Berita

Tanggal : 2018-12-15 | Waktu : 07:51:37
TEMUKAN OBAT DIABETES, DUA MAHASISWA UIN SU RAIH PENGHARGAAN INTERNASIONAL

Medan (UIN SU)

Dua mahasiswa Program Studi (Prodi) Biologi Fakultas Sains dan Teknologi (Saintek) Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (UIN SU) berhasil menarik perhatian dunia internasional, setelah penemuan mereka di bidang kesehatan mendapat penghargaan diajang bergengsi Seoul International Invention Fair (SIIF) 2018.

Karya kedua mahasiswa UIN SU tersebut, berhasil mengalahkan penemuan peserta pameran inovasi internasional terbesar di dunia yang diikuti 606 delegasi dari 33 negara tersebut.

Diakui kedua mahasiswa tersebut, ide penelitian Bean Yogurt dari bahan baku buncis bagi penderita diabetes, muncul setelah banyak membaca literatur-literatur dan penelitian bidang kesehatan. " Dari literatur itulah kita berfikir keras, bagaimana sayur buncis kita olah agar bisa dikonsumsi terutama para penderita diabetes," kata Ulfa.

Mahasiswi semester lima ini menjelaskan, proses pembuatan Baen Yogurt dari sayur buncis cukup sederhana. Selain murni sayur buncis, pihaknya juga mencampurnya dengan susu dan ditambah starter yogurt. Khasiatnya bisa mengobati penderita diabetes.   

Sementara Dekan Fakultas Saintek UIN SU Dr. HM. Jamil MA menuturkan, kebanggaannya atas prestasi yang diraih mahasiswa  Prodi Biologi UIN SU  di Korsel. "Prestasi mahasiswa jelas membanggakan karena berhasil mengharumkan  UIN SU dan nama Indonesia di kancah internasional," sebutnya.