Arsip Berita -> Berita

Berita

Tanggal : 2018-10-08 | Waktu : 20:37:24
Temu Ramah Duta MTQN ke 27, Niatkan Syiar Dakwah Islam

Medan (UIN SU)

Beberapa waktu lagi, perhelatan MTQ Nasional ke-27 akan dimulai di Sumut, dan akan dibuka secara resmi oleh Presiden RI Joko Widodo pada Minggu, (07/10). Walaupun agenda ini kompetisi antar provinsi, namun penting bagi setiap peserta agar meluruskan niat. Bahwa niatkan demi kepentingan syiar dan dakwah Islam, dengan begitu maksud akan tercapai.

Demikian dijelaskan Rektor Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan, Prof. Dr. KH. Saidurrahman, M.Ag. saat menggelar temu ramah dengan puluhan mahasiswa UIN SU sebagai duta Musabaqah Tilawatil Quran Nasional (MTQN) ke-27 di Ruang Sidang Gedung Biro Rektor Kampus II UIN SU Jalan Willem Iskandar Medan, Rabu (3/10).

Acara ini sekaligus temu ramah dengan insan pers Medan.

"Luruskan niat mengikuti MTQ Nasional ini, jika niat kita betul, maka maksud dan tujuannya insyaallah akan tercapai. Niatkan dalam rangka dan demi kepentingan syiar dan dakwah Islam. Kalau sudah niat, baru diiringi dengan usaha maksimal," jelas Prof Saidurrahman didampingi Kepala Biro AAKK UIN SU, H. Iwan Zulhami,  SH. M. AP. dan Kasubbag Humas dan Informasi, Yunni Salma, MM.

Ia berpesan, agar mahasiswa UINSU sebagai duta MTQN dari Sumut selain membenarkan niat juga harus menjaga kesehatan dan kondisi fisik selama mengikuti ajang bergengsi ini. Terlibat sebagai pelaksana MTQN, UIN SU akan berperan aktif dalam mensukseskan kegiatan ini. "Ada 22 mahasiswa UINSU yang mengikuti event ini, dibantu dengan tujuh dosen sebagai pelatih. Berharap apa yang dilakukan mendapat berkah dan rahmat dari Allah," ujarnya.

Sebagai tuan rumah, Rektor mengharapkan pelaksanaan MTQN tahun ini bisa lebih baik dan lebih sukses dari sebelumnya. Ia meminta kepada anggota Kafilah Sumut untuk memberikan kemampuan terbaik dan didoakan untuk mencapai hasil yang diharapkan. Ia menegaskan, melalui kegiatan ini merupakan upaya memperjuangkan dan membumikan Alqur'an di Sumut dan Dunia.

Sekretaris LPTQ UINSU, Mustafa Kamal Rokan menyampaikan, pelaksanaan MTQN di Sumut kali ini merupakan yang kedua, setelah pernah diadakan pada 1971. Pada saat itu, Sumut berada di posisi ketiga terbaik nasional. Mahasiswa UIN SU yang ikut MTQN ini berasal dari berbagai Fakultas, mulai dari FITK, FSH, FDK, FUSI, FEBI dan pascasarjana. Acara dilanjutkan dengan perkelanan masing-masing peserta.

Diketahui, pelaksanaan MTQN Sumut kali ini, akan digelar di 12 tempat berbeda. UIN SU mendapat kehormatan melaksanakan cabang Fahmil Alqur'an golongan putra dan putri di kampus II dan cabang Syarhil Alqur'an di Gelanggang Mahasiswa UIN SU kampus I Jalan IAIN Kecamatan Medan Timur.

Puluhan mahasiswa UINSU itu akan mengikuti berbagai cabang di MTQN. Di antaranya Qirsab Murattal, Fahmil Alqur'an, Tafsir Bahasa Arab, Makalah Ilmiah Alqur'an, Tahfidz 20 Juz, Syarhil Alqur'an dan lainnya. Pada kegiatan ini pula melibatkan beberapa dosen UIN SU sebagai pelatih kafilah, di antaranya Dr H Harun Al-Rasyid, MA, Drs H Sanusi Lukman, Lc, MA dan Dr H Sugeng Wanto, MA. (amad)