Arsip Berita -> Berita

Berita

Tanggal : 2018-07-12 | Waktu : 19:00:38
Launching MTQ Tingkat Nasional XXVII Tahun 2018

Medan (UIN SU)

Pelaksanaan Musabaqoh Tilawatil Qur’an Nasional (MTQN) XXVII di Sumatera Utara pada tanggal 4-13 Oktober mendatang bisa menjadi momentum untuk mengangkat marwah dan mengharumkan nama Sumut. MTQN ini adalah acara besar yang harus bisa kita manfaatkan momentumnya untuk menampilkan citra positif Sumut. Banyak provinsi yang berkeinginan untuk menjadi tuan rumah, namun Sumut yang dipilih. Kepercayaan ini tidak boleh kita sia-siakan, mari kerja sama untuk mensukseskannya.

Launching MTQN XXVII dilakukan Pj. Gubernur Sumatera Utara Eko Subowo dan Dirjen Bimas Islam Muhamadiyah Amin yang hadir mewakili Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin, Rektor UIN SU Prof. Dr. KH. Saidurrahman, M.Ag , Walikota Medan Drs. Dzulmi Eldin, M. Si , LPTQ  di Hotel Santika Medan, 12/7/18. Launching ditandai dengan memencet tombol sirine.

PJ. Gubernur Sumut Bapak Eko Subowo menyampaikan penunjukan Sumut sebagai tuan rumah MTQ Nasional XXVII 2018, merupakan sebuah penghargaan bagi seluruh warga. Penetapan tersebut juga menjadi peluang emas bagi provinsi ini dalam mewujudkan masyarakat yang maju dan sejahtera. Selain sebagai ajang syiar agama, juga berdampak kepada pembinaan kehidupan beragama, khususnya pengembangan Tilawatil Qur’an.

Rektor UIN SU Prof. Dr. KH. Saidurrahman, M.Ag juga menyampaikan siap mensukseskan MTQ Nasional XXVII Tahun 2018 di Sumatera Utara pada tanggal 4-13 Oktober mendatang.

Bersamaan dengan launching itu, diluncurkan pula logo dan maskot MTQ Tingkat Nasional XXVII Tahun 2018. Launching MTQ Tingkat Nasional XXVII Tahun 2018 ini juga menandai dimulainya prosesi musabaqah dua tahunan yang telah melahirkan tokoh-tokoh berprestasi, baik di tingkat nasional maupun internasional. 

Kehadiran kita di sini merupakan suatu dukungan nyata terhadap Provinsi Sumatera Utara selaku tuan rumah. Karena acara Launching MTQ bertujuan untuk mensyiarkan dan memberitahukan kepada masyarakat, bahwa akan ada acara berskala nasional dan besar di Sumut dan mengharapkan dukungan semua pihak untuk kesuksesan acara tersebut" ujar Pj Gubsu Eko Subowo dalam sambutannya.

 

MTQ Nasional ini akan memperlombakan tujuh cabang dan 18 golongan yang akan diikuti utusan kafilah dari 34 provinsi se-Indonesia. Telah disiapkan sarana dan prasarana infrastruktur yang dibutuhkan, diantaranya arena utama (astaka) yang berlokasi di kawasan Gedung Serbaguna Pemprov Sumut di Jalan Willem Iskandar/Pancing, selain itu tempat acara permusabaqahan (perlombaan) tersebar di beberapa kampus seperti Unimed, UIN Sumut dan Akademi Pariwisata Medan. Juga ada di Lapangan Merdeka Medan, Istana Maimun dan Asrama Haji Medan, ujar Eko Subowo

MTQ Nasional XXVII Tahun 2018 mengusung tema "MTQ Mewujudkan Revolusi Mental Menuju Insan Yang Qurani". Dirjen Bimas Islam selaku Ketua Umum Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) Nasional berharap, perhelatan ini tidak hanya menjadi kegiatan tahunan saja, tetapi juga dapat memberi makna dalam mendekatkan umat dengan nilai-nilai Alquran. 

"Melalui pelaksanaan kegiatan MTQ yang telah membudaya di Tanah Air, sebagai angin segar bagi umat Islam untuk lebih giat dan gemar membaca, mempelajari, memahami, dan mengamalkan Alquran sebagai pedoman hidup yang menuntun manusia kepada perilaku yang baik dan benar , MTQ Tingkat Nasional XXVII Tahun 2018 direncanakan dibuka Presiden Joko Widodo," tutur Dirjen

Tampak hadir, Ketua DPRD Provinsi Sumatera Utara, Pejabat Pemda Provinsi Sumatera Utara, Pejabat Eselon I dan II Kementerian Agama, Para Kakanwil Kemenag Provinsi seluruh Indonesia, Pimpinan LPTQ provinsi seluruh Indonesia, dan perwakilan Pemprov se-Indonesia.  (snj)